Jumat, 22 Juni 2012

Apa Yang Dimaksud Dengan Tulisan Ilmiah ?


Tulisan ilmiah terdiri dari 2 kata yaitu tulisan dan ilmuah. Tulisan dapat diartikan sebagai suati penuangan ide yang ditulis atau dituangkan dalam kertas sehingga dapat dibaca oleh para pembaca. Sedangkan ilmiah dalam suatu tulisan berarti menggunakan metode dan prinsip-prinsip science, yaitu sistematis dan eksak, atau menggunakan metode penelitian di mana suatu hipotesis yang dirumuskan setelah dikumpulkan data objektif secara sistematis, dites secara empiris. Science selalu empiris, yaitu didasarkan atas data yang diperoleh melalui observasi. Science bersifat sistematis dan mencoba melihat sejumlah observasi yang kompleks dalam hubungan yang logis. Science itu objektif, menjauhi aspek-aspek yang subyektif.
Tulisan ilmiah dapat diartikan sebagai suatu karya tulis hasil kegiatan ilmiah yang berupa artikel/hasil penelitian atau berupa makalah yang disajikan pada forum pertemuan ilmiah. Menyajikan tulisan ilmiah dapat dengan bahasa dan format yang lebih populer disebut sebagai tulisan ilmiah populer. Suatu tulisan ilmiah mempunyai beberapa ciri khusus, yaitu :
a. Isinya berada pada lingkungan ilmu
b. Penulisannya cermat, tepat, dan benar
c. Sistematika yang digunakan jelas
d. Bersifat objektif (didukung sengan landasan teori dan fakta-fakta).
Dalam suatu tulisan ilmiah biasanya terdapat kerangka seperti berikut :
a. Bagian Pendahuluan terdiri dari halaman judul, lembaran persetujuan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar dan lampiran, serta abstrak atau ringkasan.
b. Bagian Isi umumnya terdiri dari:
I. Permasalahan atau Pendahuluan
II. Kajian Teori atau Pembahasan Kepustakaan
III. Metodologi atau Uraian Metode dan Prosedur Pengkajian
IV. Hasil-hasil dan Diskusi Hasil Kajian, serta
V. Kesimpulan dan Saran-saran.
c. Bagian Penunjang umumnya terdiri dari sajian daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang diperlukan untuk menunjang isi laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar