Jumat, 22 Oktober 2010

PTSI C


Diskusikan

1. Sebutkan komponen Sistem komputerm, gambarkan dan ceritakan skema sistim komputer!
2. Sebutkan apa yang dimaksud dengan : Data
Informasi
Sistem Informasi
dan sebutkan komponen SI, dan mengapa SI diperlukan di :
- Universitas
- Laboratorium Kedokteran
- Departemen Pertahanan
3. Sebutkan device - device yang ada pada alat pemrosesan dan ceritakan apa peranan device
tersebut dalam pengertian Sistem Komputer!
4. Apa yang dimaksud dengan masyarakat Informasi?
5. Bagaimana menurut anda perkembangan ICT sekarang ini?

JAWAB :

1. Komponennya Sistem Komputer
Alat pemroses, Processor, yang merupakan otak dari komputer, salah satu pemegang peranan penting dalam komponen Sistem Komputer. Pusat pengendalian komputer ada, berjalan dan dilakukan disini.

Input / Output Device
Bagaimana bisa data diolah tanpa adanya data tersebut dimasukan dalam alat pemroses, disinilah Input Device berperan. memasukan data secara langsung / tidak langsung. Setelah itu Output Devicelah yang berperan mengeluarkan suatu hasil baik itu berupa fisik atau tidak.
Serta sebuah penghubung yang bisa menyatukan komponen - komponen ini.
Data dimasukan melalui perangkat input kemudian diolah dalam pemrosesan dengan alat pemroses (umumnya cpu) serta data disimpan ke dalam memory utama untuk mencegah hal - hal yang tidak diinginkan serta supaya data bisa di-retrive (diambil untuk diolah kembali) sewaktu-waktu. barulah data keluar melalui tampilan pada media Outpu atau bisa juga data tercetak pada sebuah mesin output cetak.


2. Data adalah Kejadian nyata yang belum memiliki makna yang terdefinisikan dari bentuk fisik, angka, huruf, symbol, tabel, gambar, diagram dan lain sebaginya

Informasi adalah : Data yang telah siap diolah (sudah merupakan suatu bentuk penting, lebih berguna) dan siap untuk diberikan / disebarkan kepada para pengguna / pencari yang membutuhkannya. dan diyakini sebagai suatu hasil penyimpulan yang benar.

Sistem Informasi adalah Sekumpulan komponen (suatu kesatuan data olahan) yang mempersatukan sub - sub sistem yang saling melengkapi guna mencapai tujuan yang spesifik dengan menganalisa, memproses, mengumpulkan, menyebarkan informasi kepada pihak yang membutuhkan dan mencari.


Komponen Sistem Informasi
1. Komponen Input, Input mewakili data yang akan dimasukan dan yang akan diolah
2. Komponen Model, terbagi atas kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang
memproses data yang tersimpan di basisdata
3. Komponen Output, Hasil keluaran yang diinginkan, berguna, berdasarkan fakta dari data
setelah melalui tahapan pemrosesan.
4. Komponen basis data, Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan
informasi lebih lanjut.
5, Komponen Tekhnologi, Berbicara Tekhnologi berbicara alat, merupakan alat yang dipakai
entah itu untuk proses input / output. untuk memasukan input, menyimpan dan mengakses
data, menghasilkan dan menyebarkan output, dan membantu pengendalian sistem.
6. Komponen Software, berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung dan
memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatu informasi.
7. Komponen Kontrol, guna mengatasi hal - hal yang dapat merusak sistem,atau menanggulangi
masalah pada sistem

Mengapa perlu SI dalam :
Universitas, guna mendefinisikan misi dan visi tujuan dari Universitas serta mengolah data - data seperti urusan akademik, administrasi yang tidak dapat dipungkiri memerlukan satuan sistem yang kompleks berupa Sistem Informasi.

Laboratorium, guna menganalisa data dengan tepat guna sehingga menghasilkan data yang valid dan dapat dibuktikan.

Departemen Pertahanan, guna mendapat informasi yang dapat dipercaya dalam arti mampu mebantu melindungi dan mempertahankan negara melalui informasi informsai. Melihat Sejauh mana kemampuan negara tersebut bertahan, bagaimana mengatasinya, diperlukan Sistem Informasi




3. Central Unit (CU)
Berperan sangat dalam mengendalikan alat Input / Output, mengirim instruksi (command) aritmatika ke ALU, mengambil instruksi dari main memory, menyimpan hasil proses ke main memory.

Arithmatic Logical Unit
ALU berperan dalam proses yang berhubungan dengan hitung - menghitung. serta melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program

Main Memory
Merupakan tempat penyimpanan terbesar dalam komputer, dengan sistem pengkodean BCD,SBCDIC,EBCDIC,ASCII

RAM
Sesuai dengan namanya Random Acces Memory berperan dalam kecepatan proses, kemampuan melakukan multi tasking semakin banyak, serta pengecekan data yang tersimpan,

Register
Simpanan Kecil dengan kecepatan tinggi melebihi main memory yang digunakan untuk media penyimpan command dan data yang sedang diproses oleh CPU

External memory
Dikenal sebagai Secondary Storage atau Backing Storage yang berfungsi menyimpan data / program. External memory berada di luar CPU. hal inilah yang membedakannya dengan Memory lain.

4. terjadinya perubahan teknologi komunikasi memicu masyarakat yang semula masyarakat pra pertanian, masyarakat pertanian dan masyarakat industri, menjadi masyarakat Informasi.
Diyakini Masyarakat Informasi adalah masyarakat yang sudah sangat mengandalkan Sistem Informasi guna membantu meringankan pekerjaan mereka.

5. Perkembangan Information and Communication Technology (ICT) sudah menjadi hal yang sangat di prioritaskan. Bagaimana tidak, semua kini sudah menggunaka Teknologi Informasi apalagi dalalm bidang Komunikasi maka sangat wajar Jarak Tempuh, bukan lagi masalah dalam komunikasi dan menjalin silahturahmi. telah hadir Telefon Genggam (HandPhone), Mesin Faximile, yang secara tidak langsung sudah mempermudah akses komunikasi dengan tidak mengabaikan kualitas dan keamanan dari kerahasiaan komunikasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar